Mengenal Perkembangan iPhone Sejak 2009

Category : Gadget, Teknologi
Mengenal Perkembangan iPhone Sejak 2009
3.9 (77.14%) 7 votes

Siapa yang pernah menyangka seorang Steven Paul Jobs atau yang dikenal dengan Steve Jobs mampu mengubah dunia dengan teknologi penemuannya. Bahkan hingga kini karya Jobs masih digunakan oleh penduduk dunia. Salah satunya melalui pembuatan iPhone.

iPhone merupakan ponsel pintar yang dikeluarkan oleh produsen teknologi Apple. Kehadirannya sempat diwarnai pro kontra serupa dengan penemuan Apple Computers oleh Jobs. Namun, dikarenakan penemuan benda ini tergolong mutakhir, maka peminat iPhone turut meningkat.

Pada awal peluncurannya di 2007, iPhone masih menggunakan jaringan berkekuatan 2G. Kemudian pada ajang WWDC 2008, Apple kembali memperkenalkan iPhone 3G sebagai penerus dari iPhone berjaringan 2G sebelumnya.

Dengan jaringan 2G, pengguna iPhone pada masa itu hanya bisa melakukan panggilan telepon atau mengirimkan pesan singkat. Saat menggunakan jaringan ini, pengguna hanya membutuhkan pulsa dan belum bisa meraih jaringan internet apalagi mendaftarkan paket internet.

Sumber gambar: dc-cdn.s3-ap-southeast-1.amazonaws.com

Hingga kini pihak Apple terus menelurkan teknologi-teknologi terbaru pada iPhone miliknya. Meski sempat bersaing dengan para produsen alat telekomunikasi lainnya, Apple tetap konsisten memberikan performa terbaik dalam setiap iPhone yang diluncurkannya.

Apa saja jenis iPhone yang telah dikeluarkan hingga saat ini? Dan apa saja teknologi yang ada di dalamnya? Simak ulasan saya berikut ini ya:

  1. iPhone 3GS (2009)
    Satu tahun berselang pasca peluncuran iPhone 3G, Apple kembali menciptakan iPhone 3GS. Ponsel ini merupakan ponsel seri S pertama yang diciptakan Apple.

“S” pada seri ini berarti Speed atau kecepatan. Ponsel ini diklaim dua kali lebih cepat dibandingkan iPhone 3G. Tak hanya itu, iPhone juga membenamkan fitur perekaman video pertama kali pada ponsel ini.

  • iPhone 4 (2010)
    Tak butuh waktu lama bagi Steve Jobs dan rekan-rekannya kala itu untuk meluncurkan produk baru iPhone. Setahun menanti, Apple kemudian meluncurkan iPhone 4 yang memberikan perubahan signifikan bagi perkembangan alat telekomunikasi.
  • Baca juga : Cara Merawat Smartphone Layar Sentuh Agar Awet Selamanya

    Ponsel ini dirancang lebih tipis dan berkelas dibandingkan pendahulunya. iPhone 4 telah menggunakan sistem penggerak iOS 4. Melalui penggunaan sistem operasi terbaru khas Apple ini, ponsel ini menjadi cikal bakal munculnya berbagai fitur menarik yang bisa dinikmati para pengguna ponsel pintar hingga saat ini. Salah satunya adalah fitur Facetime.

    Peminat ponsel ini sangat tinggi. Hal ini turut membuat perusahaan telekomunikasi Telkomsel melalui produk Simpati, ambil bagian dalam penyediaan paket bundling iPhone. Dengan membeli iPhone 4, masyarakat bisa menikmati pulsa Simpati dan berbagai paket menarik lainnya.

    Simpati hadir memberikan kemudahan bagi para pecinta produk Apple kala itu. Untungnya, kualitas jaringan yang diberikan operator ini juga sangat prima.

    Pulsa Simpati dan paket data internet juga mudah ditemukan. Jika dahulu para pengguna operator ini hanya bisa membelinya di toko resmi, kini operator ini juga telah melakukan penjualan online. Salah satunya melalui Traveloka.com.

    1. iPhone 4S (2011)
      Apple kembali mengeluarkan seri S nya pada 2011. “S” pada seri ini berarti Siri, yakni asisten suara buatan Apple. Ada juga fitur awan penyimpan iCloud dan iMessage yang bsia digunakan oleh sesama pengguna iPhone.

    Dengan seri ini, penggunanya sudah bisa melakukan panggilan telepon dan video dengan kualitas gambar yang baik.

    Ini adalah salah satu iPhone yang sangat fenomenal. Bagaimana tidak, sehari pasca peluncurannya, Steve Jobs dinyatakan meninggal dunia.

    1. Rangkaian iPhone 5, 5C, 5S (2012, 2013)
      Kehadiran iPhone 5 kembali menjadi perubahan pada konsep dan desain iPhone sebelumnya. Ponsel iPhone 5 dilengkapi dengan layar 4 inci dan RAM 1GB. Sedangkan seri 5C hadir dengan spesifikasi serupa iPhone 5, hanya saja berbeda material body.

    Sementara itu iPhone 5S hadir pada 2013 bersamaan dengan 5C. Hanya saja, berbagai teknologi telah dibenamkan pada produk Apple yang satu ini.

    Seri 5S telah meletakkan sensor sidik jari atau TouchID yang belum pernah digunakan pada ponsel pintar apapun di tahun 2013. Uniknya lagi, ponsel ini bisa merekam video slow motion tanpa perlu melakukan pengeditan.

    1. iPhone 6, 6Plus, 6S (2014, 2015)
      Apple kembali mengubah tampilan bentuk dan besaran layar pada iPhone seri ini. Layar yang lebih besar mulai diusung pada iPhone 6 dan seterusnya. Material yang digunakan berbahan metal, dengan body lebih ramping dan tipis dibandingkan iPhone lainnya.
    2. iPhone SE (2016)
      Ponsel ini tak jauh berbeda dengan iPhone 5S, baik dari sisi tampilan dan isi. Itulah mengapa ponsel ini tidak begitu diminati di Indonesia.
    3. iPhone 7, 7Plus (2016)
      Dua seri ini adalah yang terbaru dari iPhone. Seri ini kembali mendapatkan perhatian masyarakat dunia akibat menghilangnya audio jack untuk memasang headphone. Ponsel ini memiliki RAM yang lebih besar, dengan kamera yang sangat jernih.

    Sumber gambar: apple.com

    Nah, itulah beberapa seri iPhone yang telah diluncurkan hingga saat ini. Apakah kamu pernah memiliki satu diantaranya?