Mengerikan, Bahaya Smartphone Ternyata Sebanding Dengan Narkoba

Category : Kesehatan
Mengerikan, Bahaya Smartphone Ternyata Sebanding Dengan Narkoba
5 (100%) 1 vote

Membiasakan anak untuk menggunakan smartphone sama halnya dengan memaksa mereka mengkonsumsi satu gram kokain. Penilaian tersebut diungkap langsung oleh seorang terapis anak di Inggris yang menggambarkan bahwa smartphone mampu menyebabkan kecanduan persis seperti orang yang sedang kecanduan narkotika.

Mandy Saligari, yang merupakan kepala Klinik Harley Street Charter di Inggris, menerangkan kepada para orang tua untuk lebih ketat lagi menjaga anaknya saat sedang bermain smartphone. Waktu yang mereka habiskan untuk berselancar di Internet sama bahayanya dengan narkoba.

“Saya selalu katakan kepada para orang tua, ketika anda memberikan tablet atau smartphone kepada anak-anak itu sama saja menyodorkan mereka wine atau cola,” katanya dalam sebuah konferensi pendidikan di London sebagaimana yang kami kutip dari laman Republika.co.id, Jumat (9/6/2017).

Mengerikan, Bahaya Smartphone Ternyata Sebanding Dengan Narkoba

Mengerikan, Bahaya Smartphone Ternyata Sebanding Dengan Narkoba

Kecanduan memakai smartphone memiliki efek buruk ke otak anak. Menurut halaman Independent Survey, memperlihatkan setidaknya sepertiga anak dengan rentan usia 12-15 tahun mengaku tidak memiliki aktivitas yang seimbang ketika bermain smartphone dengan kegiatan lainnya.

“Ketika seseorang sudah kecanduan sesuatu, maka candu itu akan berpengaruh terhadap perilakunya di masa yang akan datang,” imbuh Saligary lagi.

Bila sudah kecanduan, maka mereka akan berpotensi terhadap makanan yang mereka konsumsi, menyakiti diri sendiri hingga sexting.

Efek samping dari smartphone juga sangat meresahkan, pasalnya ada banyak pasien yang datang kepadanya. “Dalam sepuluh tahun terakhir terjadi peningkatan pasien secara dramatis di klinik kami,” ungkap Saligary. Ada banyak sekali pasien yang datang ke Klinik Harley Street Charter dengan rentan usia 16-20 tahun hanya untuk terapi penyembuhan akibat kecanduan smartphone.