Mengerikan ! Selain Penyakit Paru, Peneliti Ini Buktikan Kalau Rokok Juga Bisa Bikin Katarak

Category : Kesehatan

Portalremaja.co.id – Rokok memang memberikan ancaman bagi kesehatan. Tetapi bukan hanya organ (dan saluran pernapasan) pernapasan, rongga mulut, dan tulang saja yang diserang kebiasaan mengisap asap tembakau ini. Nyaris seluruh bagian tubuh Anda mendapatkan dampak negatifnya, termasuk indera penglihatan.

Penelitian dari Swedia membuktikan hal ini. Berdasarkan observasi terhadap 44.371 perokok berusia 45-79 tahun selama 12 tahun, 5.713 di antaranya mengalami operasi katarak. Para peneliti lalu mempelajari hubungan antara jumlah rokok yang diisap dengan jumlah operasi katarak yang terjadi. Hasil yang ditemukan, seseorang yang mengisap 15 batang rokok per hari memiliki risiko mengalami katarak 42 persen lebih tinggi ketimbang yang tidak merokok.

img 20180207 181942 - Mengerikan ! Selain Penyakit Paru, Peneliti Ini Buktikan Kalau Rokok Juga Bisa Bikin Katarak

Bagaimana dengan mereka yang berhenti merokok? Langkah ini memang menurunkan angka risiko para ‘pensiunan’ perokok mengalami katarak. Namun… risiko mereka mengalami gangguan indera penglihatan ini tetap lebih besar ketimbang mereka yang bukan perokok – bahkan setelah 20 tahun berhenti merokok.

Jadi sampai saat ini merokok masih menjadi bagian dari gaya hidup Anda, segera berhenti. Belum terlambat untuk melakukannya. Selamat mencoba.