Penderita Diabetes Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur Kamu

Category : Kesehatan

681f2c4c 9a7a 4f4f b3b2 ea4f2384688e - Penderita Diabetes Wajib Tahu! 7 Makanan Ini Bisa Memperpanjang Umur Kamu

Portalremaja.co.id – Tentu saja makanan yang diperkaya gula tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, karena bukan hanya bisa meningkatkan kadar gula darah juga resistensi insulin yang bisa merusak hati, syaraf, ginjal dan mata. Makanan yang harus dikonsumsi sebaiknya yang bisa menurunkan kolesterol buruk dan tekanan darah tinggi plus yang mampu menurunkan berat badan. Begitupun dengan makanan yang kaya serat, vitamin E,A dan C, magnesium, kalium dan kalsium.

7 makanan terbaik untuk penderita diabetes

Ketujuh jenis makanan ini bisa digabungkan dalam diet Anda:

1. Salmon;

Omega-3 asam lemak yang terdapat pada salmon dapat menurunkan kemungkinan penyakit jantung dan diabetes type 2. Makanlah minimal 2 porsi salmon setiap minggu. Ikan ini juga diperkaya dengan protein yang tidak hanya mengurangi gula darah tinggi tetapi juga mengenyangkan.

2. Keripik ubi jalar;

Ubi jalar tinggi serat dan vitamin A. Karbohidrat yang ditemukan di ubi jalar tidak memiliki dampak apapun pada gula darah.

3. Sarapan;

Pasien diabetes tidak boleh melewatkan sarapan. Menurut studi terkini, penderita diabetes tipe 2 yang teratur sarapan berkurang lonjakan gula darahnya setiap selesai sarapan dibanding yang tidak. Sarapan sebaiknya diperkaya dengan lemak sehat, serat dan protein.

4. Jahe;

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa jahe dapat menstabilkan kadar gula darah. Mencoba menambahkan jahe dalam makanan sehari-hari Anda. Teh jahe juga dianggap baik untuk penderita diabetes.

5. Kacang;

Kacang diperkaya dengan magnesium, lemak tak jenuh, protein dan serat. Semua bahan ini akan membuat Anda kenyang untuk jangka waktu lama. Makanlah segenggam kacang setiap hari. Anda dapat menambahkan kacang salad, sereal atau makanan ringan. Walnut dan biji rami juga diperkaya dengan omega-3 asam lemak.

6. Seluruh biji-bijian;

Semua karbohidrat tidak buruk bagi orang-orang yang memiliki tipe 2 diabetes. Seluruh biji-bijian seperti quinoa, bran dan gandum roti diperkaya dengan serat yang memperlambat pencernaan. Selain itu, makanan ini juga memperlambat konversi karbohidrat menjadi glukosa.

Kalium juga ditemukan di oatmeal. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa biji-bijian tidak memiliki efek negatif pada gula darah.

7. Kayu manis.

Pasien diabetes dapat mengurangi gula darah mereka dengan mengkonsumsi dosis kecil kayu manis setiap hari. Anda dapat menambahkan rempah-rempah ini dalam menu smoothie, atau yogurt.

Hindari minum koktail jika Anda memiliki diabetes tipe 2. Alkohol dapat memengaruhi tingkat gula darah. Atur konsumsi garam. Kelebihan konsumsi garam dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Pusat penelitian telah merekomendasikan bahwa orang dewasa tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 2300 mg garam dalam satu hari, pasien diabetes tidak boleh lebih dari 1500 mg.

Hindari jus ber-pemanis gula, makanan berjeli, dan selai. Makanan ini kaya akan kalori, gula dan karbohidrat yang bisa meningkatkan gula darah.

Hati-hati dengan konsumsi pemanis buatan pengganti gula, karena jika mengonsumsinya setiap hari terus menerus maka tubuh akan mengalami ketergantungan. Juga hindari penggunaan suntik insulin terlalu sering karena kelak organ pankreas bisa mengalami resistensi insulin. Pankreas ‘ngambek’ tidak mau memproduksi insulin karena datangnya insulin pesaing dari luar tubuh.

Jauh lebih baik mengonsumsi buah secara langsung setiap hari karena memiliki kadar gula alami, terukur secara alamiah pula, serta terdapat zat-zat pengimbangnya. Karena dengan cara ini, Anda dapat memiliki kadar gula darah lebih baik dan alamiah.