Inilah 9 Penyebab Bau Badan / Cara Mengatasi Bau Badan

Category : Kesehatan

Cara Mengatasi Bau Badan – Adalah suatu masalah yang sangat serius tentang bau badan dimana akan mengganggu penampilan serta lingkungan sekitar tentunya. Memang ada tingkatan tertentu bagi setiap orang, ada yang tidak tercium walaupun berkeringat dan ada juga yang sudah menimbulkan bau walaupun keringatnya belum keluar.

Pada setiap orang ada yang mengeluarkan jumlah keringat berbeda, ada yang banyak dan ada pula yang sedikit, hal tersebut akibat dari kelenjar yang dihasilkan oleh apokrin & ekrin. Dimana kelenjar ekrin ada di semua permukaan kulit dimana keringat yang keluar merupakan sisa metabolisme dan mengatur suhu badan manusia, sedangkan kelenjar apokrin terletak di berbagai persendian misalnya ketiak, daerah anus, payudara, serta kemaluan. Kelenjar ini menghasilkan minyak pada tubuh berupa keringat bercampur bakteri dan apabila diuraikan oleh bakteri maka timbullah bau tidak sedap dimana biasa disebut bau badan, kali ini kami akan membahas apa sih penyebab bau badan yang berlebihan itu, baca terus ya.

penyebab-dan-cara-menghilangkan-bau-badan

Inilah 9 Penyebab Bau Badan Yang Berlebihan

Sebelum kalian mengetahui cara menghilangkan bau badan, tidak agam rupanya bila belum mengenal apa sebabnya timbulnya bau badan yang berlebihan ini, berikut hal yang dapat menimbulkan bau badan secara berlebihan :

1. Asam propanoat atau asam propionat

asam ini adalah hasil dari uraian keringat oleh propionibacteria (salah satu bakteri yang berkembang biak di saluran kelenjar sebasea manusia saat manusia di usia remaja.

2. Asam isovalerik

yaitu asam yang dihasilkan oleh bakteri staphylococcus epidermis dimana akan menyebabkan bau badan persis seperti keju.

3. Ketidak Seimbangan Diet

Kurangnya asupan zinc dan magnesium serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolin, bawang putih, daging, kopi, makanan berlemak serta alkohol.

4. Stress Secara Emosional

Kelenjar apokrin akan melakukan peningkatan produksi keringatnya disaat seseorang menglamai stres dan akhirnya keluarlah bau tidak sedap dari tubuh anda.

5. Perubahan Pada Hormon

Ini akan terjadi saat orang masuk kedalam usia remaja, perubahan hormon terutama hormon androgen juga dapat menyebabkan bau badan.

6. Kesalahan Konsumsi Makanan

Penyebab bau badan yang berlebihan ke enam adalah Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan berbau tajam, pedas serta daging yang berwarna merah, bawang putih dan lain sebagainya. Hal ini karena hasil dari makanan tersebut akan keluar juga lewat keringat tentu timbullah bau tidak sedap tersebut, perlu anda ketahui makanan bukan hanya dikeluarkan melalui urin dan feses, melainkan bisa juga lewat keringat.

7. Kurangnya Perawatan Pada Tubuh

Penyebab lainnya karena kurangnya perawatan untuk tubuh, jagalah kebersihan tubuh anda, jika tubuh saja tidak bersih bagaimana mungkin bau badan menjauh dari anda ?

8. Pola Hidup Yang Salah

Jarang mandi, sering menggunakan pakaian berbahan tebal dalam waktu cukup lama, tidak mengganti pakaian jeans dalam waktu yang lama, dan penyebab serupa lainnya pun dapat menimbulkan bau badan yang berlebihan.

9. Dampak Dari Penyakit Lainnya

Biasanya penderita diabetes juga mengidap bau badan, ini disebabkan gula darah yang tidak dapat di kontrol dengan baik sehingga terjadi ketoadosis maka timbullah bau badan, selain diabetes penyakit lever pun dapat berdampak yang sama, karena racun di dalam tubuh tidak dapat keluar secara baik sebagaimana mestinya.

Mungkin sobat juga perlu membaca 11 Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami agar bau badan bisa hilang seketika.

Itulah tadi 9 penyebab bau badan yang berlebihan, lada yang masih kurang menurut anda ? Silahkan bantu kami tambahkan via kolom komentar ya, terimakasih.