Penyebab & Cara Mengatasi Mata Buram Setelah Bangun Tidur Alami

Category : Kesehatan

Kadangkala kita merasakan mata buram setelah bangun tidur baik mata kiri maupun kanan. Bahkan saat akan kita fokuskan, mata kita tetap tak mau fokus dalam beberapa menit bahkan puluhan menit. Lantas apa penyebabnya mata anda saat bangun tidur menjadi buram ?

Tentu kita akan merasa bingung penyakit apa yang ada pada diri kita, kita akan bertanya tanya apakah ini berbahaya atau tidak. Pertama-tama anda harus kenali terlebih dahulu jenis penyakit ini. Penyebab mata buram setelah bangun tidur baik sebelah kiri ataupun kanan kemungkinan besar mengarah ke Hipotensi Ortostatik, lalu apa itu Hipotensi Ortostatik ? Berikut penjelasannya.

Penyebab & Cara Mengatasi Mata Buram Setelah Bangun Tidur Alami

Penyebab & Cara Mengatasi Mata Buram Setelah Bangun Tidur Alami

Penyebab Mata Menjadi Buram Setelah Bangun Tidur

Menurut definisinya dari Wikipedia, Hipotensi Ortostatik adalah kondisi dimana penurunan tekanan darah terjadi secara tiba-tiba ketika anda berubah posisi dari telantang ke posisi tegak ataupun duduk. Kejadian ini sering terjadi pada pasien yang mengkonsumsi obat antihipertensi dan gejala yang timbul seperti kondisi yang lemah, tiba-tiba merasakan pusing, mual, jantung berdebar, terasa seperti mau pingsan bahkan pingsan dan mata kiri / kanan yang kabur.

Hipotensi Ortostatik terjadi karena adanya penurunan tekanan darah sistolik 20 mmHg atau penurunan darah diastolik 10 mmHg pada waktu 3 menit ketika berdiri ketimbang saat anda duduk ataupun terlentang.

Baca juga : 2 Cara Ajaib Mengatasi Sakit Kepala Dengan Mudah

Bila gejala yang ditimbulkan terbilang tidak sering atau tidak berlangsung lama, mungkin saja penyakitnya belum terlalu serius. Namun bila anda merasakan mata buram setelah bangun tidur dalam waktu yang rutin dan lama tentu ini adalah masalah yang serius.

Bila anda merasakan mata buram ataupun gejala lainnya seperti diatas, segeralah duduk ataupun berbarik dan minum air putih. Hentikan kegiatan apapun yang sedang anda lakukan dan gejala tersebut pun akan hilang beberapa saat kemudian.

Agar anda bisa mengatasi mata buram tersebut dan memastikan penyakit apa yang anda derita, cobalah untuk konsultasi ke dokter sehingga bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut kepada diri anda tentunya.

Beberapa saran yang harus anda lakukan untuk mengobati Hipotensi Ortostatik seperti yang kami sebutkan diatas :

  • Hentikan konsumsi minuman keras atau semacamnya
  • Perbanyak minum air putih
  • Jangan mengkonsumsi minuman ber-cafein / bernutrisi dimalam hari
  • Tingkatkan asupan garam anda
  • Gunakan porsi kecil saat makan dengan intensitas sering, jangan makan dalam porsi besar namun dengan intensitas jarang

Itulah tadi penyebab mata buram setelah bangun tidur atau ketika berdiri dan duduk sebelah kiri / kanan serta cara mengatasinya, untuk mengetahui lebih lanjut tentunya dibutuhkan pengecekan secara medis pada diri anda dan hiduplah sehat dari sekarang.