Penyebab Kutu Di Kepala

Category : Kesehatan
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Pasti banyak dari anda yang ingin mengetahui cara mengenali penyebab kutu di kepala. Apalagi jenis kutu di kepala berbeda dengan kutu yang hinggapnya di tubuh binatang. Kali ini saya akan membahas penyebab kutu di kepala. Kebiasaan anak-anak yang belum bisa merawat diri menjadikan mereka paling sering dihinggapi kutu rambut ini. Para ahli sudah mengemukakan bahwa kutu di kepala manusia sama saja dengan kutu lainnya, yang menjadi perbedaan hanya jumlah mulut mereka yang berbeda.

Tentunya tidak semua jenis kutu bisa anda lihat dengan mata telanjang. Beberapa jenis kutu memerlukan mikroskop untuk memudahkan anda melihatnya. Biasanya kutu di kepal manusia mempunyai ukuran 1 hingga 4 mm dengan warna tubuh hitam atau kecoklatan dan kaki yang panjang. Sebenarnya kutu bukan hanya menggigit kulit manusia di bagian kepala, namun juga di kaki dan di tangan. Untuk menghindari adanya kutu di kepala anda, kenalilah penyebab kutu di kepala berikut ini.

Penyebab Utama Kutu di Kepala

 

 

1. Rambut dan Kulit Kepala tidak Higienis

Salah satu penyebab kutu di kepala adalah kebiasaan anda yang kurang higienis merawat rambut dan kulit kepala. Anda harus tahu bahwa kutu rambut tidak suka dengan zat kimian dan juga sabun yang dapat menghentikan perkembangbiakannya, atau dengan kata lain membunuhnya. Itulah sebabnya anda harus rajin merawat rambut dan kulit kepala anda menggunakan sampo atau tonik hingga bersih. Jangan sampai ada bahan kimia yang tersisa di kepala karena akan menjadi kotoran di rambut dan mengundang kutu rambut untuk hinggap di kepala anda.

2. Kamar Pribadi yang Tidak Bersih

Perhatikan kebersihan kamar anda sendiri. Penyebab kutu di kepala juga karena sarung bantal, sarung guling, dan sprei ataupun juga karpen yang tidak bersih. Bersihkan semua jenis perlengkapan tidur dan perlengkapan kamar anda dengan teratur. Bisa juga dengan menjemurnya agar semua kutu dan kuman tidak menempel lagi di sana. Bersihkan juga sisir yang biasa anda gunakan untuk menyisir rambut secara berkala dengan menggunakan air panas. Air yang panas bisa membunuh kutu.

3. Salah Memakai Sampo

Kesalahan dalam pemilihan sampo juga menjadi penyebab adanya kutu rambut. sampo yang salah dapat menimbulkan ketombe di rambut anda, dan ketombe yang menumpuk merupakan sarang empuk bagi kutu rambut. jadi, perhatikanlah pemilihan sampo yang tepat untuk jenis rambut dan kulit kepala anda.

4. Penularan

Ketika anda sering berhadapan dengan mereka yang bermasalah dengan kutu rambut, anda dapat ditularkannya. Kutu dapat berpindah sarang dari rambut teman anda ke rambut anda. Jadi, jangan sampai anda bergaul dengan mereka yang malas membersihkan diri dan mempunyai kutu rambut.

Mengerikan sekali bukan? Makanya, jagalah kebersihan seluruh anda sehingga tidak akan terjangkit kutu rambut.

Baca juga : 4 Cara Menghilangkan Ketombe Di Kepala Secara Alami

loading...