5 Penyebab Susahnya Anak Konsentrasi Saat Belajar Dan Cara Mengatasinya

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

5 Penyebab Susahnya Anak Konsentrasi Saat Belajar Dan Cara Mengatasinya
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Portalremaja.co.id – Dalam mengerjakan sesuatu kita harus dibarengi dengan konsentrasi. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal khususnya dalam persoalan belajar.

Pada dasarnya konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian terhadap suatu hal/objek yang dipelajari ataupun dikerjakan untuk mendapatkan hasil tertentu. Untuk melakukan proses konsentrasi ini memang susah-susah gampang kita harus benar-benar jeli dan teliti karena bila konsentrasi kita akan buyar. Konsentrasi belajar harus menjadi suatu kebiasaan dan dilakukan secara rutin. Banyak orang yang gagal dalam melakukan kosnsentrasi belajar yang dipengaruhi oleh berbagai hal.

Nah, berikut ini akan dijelaskan penyebab susahnya dalam berkonsentrasi belajar dan cara mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar.

5 Penyebab Susahnya Anak Konsentrasi Saat Belajar Dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Susahnya Anak Konsentrasi Saat Belajar Dan Cara Mengatasinya

1. Kurang berminat dengan pelajaran

Hal ini sering terjadi dan menjadi kebiasaan seseorang bila kita tidak menyukai terhadap suatu hal tertentu maka kita akan cenderung untuk menjauhi hal tersebut apalagi disuruh untuk mempelajarinya sehingga djamin kita akan susah dalam berkonsentrasi apalagi untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Gelisah dan merasa terbebani

Hal ini sering terjadi bagi mereka yang sedang menghadapi suatu ujian mereka cenderung memikirkan hasil yang akan diperoleh nantinya sehingga akan membuat orang tersebut gelisah dan merasa terbebani jadi sangat sulit dalam berkonsentrasi.

3. Suasana lingkungan sekitar yang kurang mendukung

Lingkungan menjadi hal yang paling penting dalam proses konsentrasi karena apabila lingkungan kita kurang bersahabat pasti dijamin Anda akan merasa kesulitan dalam belajar.

4. Kondisi kesehatan tubuh

Sehat merupakan sesuatu yang wajib dimiliki karena bila seseorang tidak sehat dan menderita sakit tertentu dipastikan akan sulit dalam berkonsentrasi.

5. Tidak memiliki kemampuan belajar yang baik

Banyak orang yang mengeluh untuk konsentasi belajar karena mereka mengalami kesulitan hal apa saja yang harus dipelajari sehingga dianggap sebagai suatu hal yang sangat membebani.

Nah, untuk menghadapi permasalahan diatas berikut ini juga akan dijelaskan mengenai cara mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar adalah dengan menanamkan sejak dini minat belajar kita terhadap suatu hal.

Berarti disini yang paling terpenting adalah niat yang kuat karena dengan niat yang kuat kita akan memiliki keinginan serta kemauaan untuk bisa menguasai sesuatu hal tersebut sehingga kita dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Untuk selanjutnya hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar adalah selalu siap belajar atau belajar merupakan suatu keharusan.

Hal ini digunakan sebagai pemicu kita untuk belajar yang lebih baik dapat berkonsentrasi secara maksimal. Selain itu lingkungan kondusif dan nyaman juga akan menambah suasana belajar dan konsentrasi yang lebih baik karena kita ketahui lingkungan adalah tempat yang paling baik untuk berkonsentrasi secara maksimal.

Langkah selanjutnya hal yang perlu diperhatikan dalam mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar adalah cara belajar yang baik serta teratur. Kebiasaan yang teratur dan rutin akan menumbuhkan kecintaan kita dan konsentrasi kita terhadap suatu hal sehingga kita akan merasa lebih nyaman dan terbiasa serta tidak ada perasaan tertekan ataupun terbebani.

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam mengatasi kesulitan berkonsentrasi belajar adalah dengan adanya waktu untuk menenangkan pikiran. Hal tersebut berguna untuk membuat kita lebih fokus dan konsentrasi terhadap suatu hal yang ingin kita pelajari seperti bagian-bagian penting sehingga pelajaran tersebut dapat mudah kita pahami dan kuasai. Bagaiamana? Anda tertarik untuk mencobanya.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.