Perbedaan Diabetes Insipidus Dan Diabetes Melitus

Category : Kesehatan
Ingin Belanja Online Dengan Sistem Kredit TANPA KARTU KREDIT bunga 0% ? Kredivo Solusinya

>> KLIK DISINI UNTUK TAHU RAHASIANYA <<

Caraku.net – Siapa yang tidak mengenal penyakit yang satu ini ? diabetes merupakan penyakit ganas mematikan dimana si penderita mengalami gangguan yaitu kelebihan gula darah sehingga air seni / kencingnya mengandung gula, biasa disebut orang kencing manis. Timbul pertanyaan apakah penderita diabetes kencingnya manis ? jawabannya adalah iya, untuk membuktikannya anda tidak perlu menyicip air kencing si penderita namun bisa anda lihat saat penderita kencing dan di tempat kencing itu akan dikerumuni semut dimana logikanya semut hanya akan datang ketika ada rasa manis bukan ?

Penyakit diabetes ini terbagi menjadi 2, walaupun sama sama disebut diabetes namun penyakit ini sangat berbeda jauh, pada kedua penyakit ini menyerang berbeda organ tubuh. Untuk lebih jelasnya silahkan terus membaca ya Perbedaan Diabetes Insipidus Dan Diabetes Melitus ini.

Diabetes

Perbedaan Diabetes Insipidus Dan Diabetes Melitus

Penyakit diabetes dibagi menjadi 2 jenis yaitu diabetes insipidus dan diabetes melitus, diabetes insipidus lebih dikenal orang dengan penyakit terlalu sering kencing, penderita diabetes insipidus dapat kencing lebih dari 30 kali dalam sehari. Itu pun tergantung dari berapa banyak penderita minum air, semakin banyak minum akan semakin banyak juga kencingnya, sedangkan diabetes melitus adalah penyakit diabetes yang seringkali kita kenal yaitu penyakit kencing manis. Untuk perbedaannya supaya lebih jelas silahkan lihat point dibawah ini :

1. Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus merupakan penyakit yang ditandai dengan terlalu banyak kencing karena disebabkan oleh tubuh yang kekurangan hormon ADH (Antidiuretic hormone), sedangkan hormon ADH yaitu senyawa hormon yang berfungsi menstimulasi ginjal untuk melakukan penyerapan air lebih banyak daripada urine yang akan dibuang keluar tubuh. Nah karena kurangnya hormon ADH inilah yang mengakibatkan ginjal tidak bisa menyerap kelebihan air sehingga air tersebut langsung dibuang keluar tanpa ada proses penyerapan kembali. Itulah sebabnya penderita diabetes insipidus berdampak pada terlalu seringnya mengeluarkan air kencing dalam jumlah tidak normal.

2. Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau lebih dikenal kencing manis merupakan penyakit karena kelebihan kadar glukosa di dalam darah, hal ini disebabkan karena kurangnya produksi hormon insulit dimana fungsinya ialah mengubah glukosa menjadi glikogen di dalam darah manusia. Karena tidak adanya glukosa di dalam darah tidak ada yang mengubahnya menjadi bentuk lain maka berakibatlah terjadinya penumpukan jumlah glukosa di dalam darah sehingga terjadilah tingginya konsentrasi gula didalam darah. Pada umumnya diabetes melitus ini disebabkan karena rusaknya sebagian kecil dari sel sel betha atau pulau pulau langerhans pada pankreas dimana fungsinya menghasilkan hormon insulin.

Bagaimana sobat ? sudah jelaskan Perbedaan Diabetes Insipidus Dan Diabetes Melitus ini ? semoga bermanfaat untuk anda sekalian agar dapat lebih mengenal apa itu diabetes insipidus dan apa itu diabetes melitus, terimakasih.

loading...