Perbedaan WordPress & Blogger

Category : Internet
Perbedaan WordPress & Blogger
4.2 (84%) 5 votes

Jika anda berkeinginan mempunyai blog yang ditujukan untuk berbisnis internet, maka ada baiknya anda harus menggunakan blog yang mampu menunjang usaha anda tersebut. Mungkin sekarang anda juga bingung akan menggunakan platform blog yang seperti apa. Beberapa platform blog yang cukup ternama yaitu Blogspot dan WordPress. Untuk lebih jelasnya saya akan menerangkan sedikit perbedaan WordPress dan Blogspot.

Beberapa perbedaan WordPress dan blogspot (WordPress.org dan blogspot.com)

Sebenarnya kedua platform ini sama, yaitu kedua platform blog yang bisa anda gunakan dengan secara gratis demi keperluan blogging anda. Dan juga kedua platform ini sudah banyak sekali digunakan oleh sebagian pecinta blogging, karena keduanya sama-sama sebagai jurnal yang selalu up to date, tapi jelas memiliki perbedaan.

Blogspot memiliki kelebihan dimana anda mempunyai support untuk pemasangan iklan Adsense dan berbeda dengan WordPress yang harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu dalam pemasangan Adsense. Bahkan di blogspot menyediakan sebuah widget khusus bagi penggunanya untuk menggunakan Adsense.

Di WordPress anda dipermudahkan untuk mengimpor postingan anda yang telah tertanam pada engine Blogspot, sedangkan di blogspot anda tidak bisa memindahkan postingan WordPress pada blogspot.

Perbedaan WordPress dan blogspot yang cukup mencolok yaitu, di Blogspot anda tentu akan mendapatkan fasilitas fitur yang gratis, cepat dan sangat mudah untuk diatur. Namun, anda tidak benar-benar bebas untuk memiliki kontrol yang penuh atas penggunaan blog ini, sebab blogspot.com dapat kapan saja mematikan blog anda jika suatu saat mereka tidak lagi menyediakan layanannya. Hal yang sama juga akan berlaku pada WordPress.com.

Jika anda mencari blog yang akan permanen nantinya cobalah menggunakan WordPress berbayar yaitu WordPress.org. Tentu, saya sangat menyarankan sekali jika anda mengunakan blog ini untuk keperluan bisnis internet. Worpress.org menyediakan script gratis yang dapat didownload pada fiturnya, yaitu anda bisa menempatkan script tersebut pada server hosting anda sendiri. Karena platform ini termasuk berbayar maka anda harus menyiapkan dana 250 ribu rupiah per tahun untuk domain dan hosting atau anda bisa juga mencoba domain yang gratis di co.cc serta hosting gratis di byethost.com.

Selain itu, faktor yang benar-benar penting, ketika menggunakan WordPress.org anda akan lebih mudah mendapatkan banyak plugin-plugin gratis, karena platform ini memang sengaja menyediakannya. Dan yang sangat pasti plugin-plugin ini tidak akan pernah tersedia pada blogspot.com untuk saat ini. Plugin-plugin yang disediakan oleh WordPress akan membuat blog anda lebih unggul dalam mesin pencarian. inilah keunggulan WordPress daripada blogspot.

Intinya perbedaan antara WordPress dan blogspot terletak pada kontrol penuh yang nantinya akan kita terima. Karena untuk para pembisnis online memiliki kontrol penuh pada blog merupakan keharusan demi keperluan bisnis dalam jangka panjang.

Nah itulah paparan singkat mengenai perbedaan WordPress dan blogspot, semoga setelah anda mendapatkan informasi ini anda dapat menentukan pilihan akan menggunakan platform yang seperti apa dengan melihat terlebih dahulu tujuan anda membuat blog tersebut. Karena pada dasarnya kedua platform ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Baca juga :

loading...