Resep Cara Membuat Minuman Wedang Jahe Hangat

Category : Resep Masakan

Sekarang kita sedang memasuki musim yang tak menentu. Kadang-kadang panas, tapi kadang-kadang juga dingin. Hujan dan kemarau sudah seperti bercampur menjadi satu. Dengan keadaan dan kondisi seperti ini, kondisi kesehatan tubuh pun menjadi tak menentu. Kebanyakan dari masyarakat kita seringkali menjadi demam karena pengaruh perubahan cuaca. Oleh karena itu menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan di musim-musim seperti saat ini.

Kita harus pandai menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi. Sebab, dengan makanan yang kita konsumsilah kesehatan bisa tetap terjaga. Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi wedang jahe. Ya, minuman yang dibuat dari bahan dasar jahe ini memang sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan. Salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan wedang jahe ialah demam dan meriang. Dengan mengkonsumsi wedang jahe maka tubuh akan kembali menjadi hangat dan sehat.

Anda bisa membeli wedang jahe di berbagai tempat, biasanya minuman ini baru dijual di malam hari. Namun untuk anda yang tinggal di daerah dan tidak ada penjual wedang jahe, maka anda bisa membuat wedang jahe sendiri. caranya sangat mudah sekali, kali ini akan saya bantu anda dengan memberikan resep membuat minuman wedang jahe.

Resep Cara Membuat Minuman Wedang Jahe Hangat

Resep Cara Membuat Minuman Wedang Jahe Hangat

Cara Membuat Wedang Jahe Hangat

Sebelum kita masuk ke cara-cara membuat wedang jahe, anda harus mempersiapkan beberapa bahan-bahannya. Berikut ini beberapa bahan yang perlu anda persiapkan untuk membuat wedang jahe.

  1. Gula merah sebanyak 200 gram atau 1 cup, sisir
  2. Air bersih sebanyak 2000 ml
  3. Jahe sebanyak 500 gram dibakar sampai layu dan dimemarkan
  4. Daun pandan sebanyak 2 lembar disimpulkan
  5. Garam sebanyak ¼ sendok teh atau sesuai selera
  6. Serai sebanyak 2 batang digeprek

Baca juga : Turunkan Berat Badan Dengan 5 Ramuan Jahe

Nah, itulah beberapa bahan yang harus anda persiapkan. Setelah semua bahannya sudah selesai disiapkan, anda bisa mulai membuat wedang jahe dengan langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Rebuslah air hingga mendidih, anda kecilkan api lalu masukkan bahan-bahan seperti garam, daun pandan, serai dan jahe. Diamkan selama beberapa menit.
  2. Setelah itu anda tambahkan gula merah, aduklah sampai merata
  3. Didihkan terus sampai semua bahannya benar-benar larut serta warna air berubah menjadi kekuningan
  4. Kalau sudah mengeluarkan bau yang menjadi ciri khas dari wedang jahe, anda bisa mengangkatnya dari api dan menyaringnya. Saringlah ampasnya dan sajikan airnya sebagai wedang jahe.

Demikianlah cara membuat wedang jahe, sangat mudah dan praktis sekali. Anda yang belum pandai memasak pun bisa memasak dan membuatnya. Jadi mulai sekarang tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan minuman hangat wedang jahe ini. Minumlah wedang jahe selagi hangat untuk menghangatkan badan, sehingga badan yang tadinya loyo bisa menjadi kembali segar dan sehat kembali.