Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang

Category : Resep Masakan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang
3.9 (78.18%) 11 votes

Resep tekwan khas Palembang ini ada dua jenis yaitu yang pakai ikan dan tanpa ikan, jadi dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jenis makanan sup yang satu ini memang ciri khas Palembang, mungkin sebagian dari anda yang belum tahu asal dan usul makanan ini. Makanan ini terbuat dari bahan ikan dan sagu yang diolah bersama bahan lainnya sehingga akan tercipta sebuah sup yang sangat enak dan menggiurkan. Perlu anda ketahui bahwa ciri khas dari tekwan Palembang adalah berbahan dasari ikan tenggiri.

Cara membuat tekwan juga sangat mudah, ada yang menggunakan ikan layaknya bakso ikan da masih banyak yang lainnya. Makanan ini memang belum begitu banyak dikenal di luar daerah Palembang, misalnya saja di Kalimantan. Akan tetapi siapa yang pernah mencicipinya pasti akan kangen dan ingin makan lagi atau ketagihan. Namun, anda tidak perlu repot-repot untuk pergi ke Palembang hanya sekedar mencicipi tekwan ini karena anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebab dapat anda pelajari cara pembuatannya berikut ini.

Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang

Resep Tekwan Khas Palembang

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 1 kg ikan tenggiri
  • 2 butir telur
  • 2 sdt merica bubuk
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt garam

Bahan kuah untuk resep tekwan :

  • 2 buah bengkoang
  • 50 gram sedap malam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 5 siung bawang putih
  • 250 gram udang kupas
  • 100 gram ebi

Cara membuat tekwan :

  1. Pertama campurkanlah daging ikan tenggiri dengan tepung kanji, merica, bawang putih, garam dan telur. Semua bahan diaduk sampai rata dan diuleni sampai halus.
  2. Bentuk dengan bulat adonan ikan tersebut, lalu masukkan ke dalam air mendidih sampai dengan mengapung lalu angkat dan tiriskan.
  3. Sisihkan air untuk merebus adonana yang nantinya dapat dijadikan kuah kaldu dengan menambahkan air panas sebanyak 1,5 liter.
  4. Tumis semua bawang putih sampai harum dan tambahkan ebi dan udang. Masaklah sambil dengan diaduk-aduk sampai udangnya berubah warna. Lalu, angkat dan tambahkan ke kuah kaldu.
  5. Masukkan seledri, sedap malam, merica dan bengkoang. Masaklah sampai matang dan apabila telah matang masukkan tekwan ikan tenggiri.
  6. Masak sebentar dan angkat. Tekwan pun sudah siap untuk disajikan.

Baca juga : Rahasia Resep Cara membuat Pempek Palembang

Resep tekwan ini dapat ditaburi dengan bawang goreng agar dapat lebih maknyus. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat dan berhasil anda untuk mencobanya dan nantikanlah resep terbaru lainnya yang lebih tersedap dilain kesempatan. Begitulah cara membuatnya dengan cara paling sederhana namun rasanya sangat luar biasa nikmat. Selamat dicoba dan semoga sukses.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.