Resep Cara Membuat Telur Asin Enak & Mudah

Category : Resep Masakan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Resep Cara Membuat Telur Asin Enak & Mudah
4.7 (93.33%) 9 votes

Telur asin adalah olahan makanan yang sangat nikmat disantap ketika musim dingin tiba. Pada dasarnya banyak cara membuat telur asin. Rasa telur yang asin memiliki cita rasa tersendir. Selain itu jika ingin membelinya, harga jual dari telur ini pun lebih mahal dibandingkan telur biasa. Untuk jenisnya, mayoritas telur asin yang paling banyak diminati adalah telur bebek. Mungkin bagi sebagian orang membeli adalah solusi terbaik agar bisa menikmati enaknya jenis makanan ini, namun tahukah anda bila anda membuat sendiri maka disamping lebih higienis anda pun dapat lebih hemat dibandingkan membeli yang harganya cukup mahal. Lantas bagaimana cara membuat telur asin? Berikut akan kami bagikan sedikit informasi cara pembuatannya.

Cara Membuat Telur Asin

Resep Cara Membuat Telur Asin Mudah

Membuat telur asin

Telur asin asin adalah makan yang sering santap sebagai camilan karena rasanya ynag gurih dan memiliki kandungan protein. Namun telur asin banyak yang sudah dicampur bahan berbahaya yang dijual bebas dipasaran. Pedagang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal ini untuk meraup untung sebesar besarnya. Agar terhindar dari hal itu, cobalah untuk membaut telur asin dirumah. Namun sebelumnya cobalah perhatikan 6 tips berikut ini :

  1. Gunakan telur bebek dengan kualitas baik, Ciri-ciri kualitas telur bebek yang baik adalah kuning telurnya berwarna kemerahan dan tidak berbau amis ketika sudah menjadi telur asin. Umumnya bebek yang memiliki kualitas baik adalah telur bebek yang diberi makanan organik dan udang. Namun bila bebek dikasih makan ikan. Telur bebek yang dihasilkan pasti akan amis ketika sudah menjadi telur asin. Daerah penghasil telor bebk terbaik adalah blitar dan indramayu
  2. bila tidak menemukan telur bebek, bisa diganti telur ayam
  3. untuk menguji telur layak atau tidak bisa dengan pengujian memasukan telur ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air. Telur yang baik dikonsumsi akan tenggelam jika di masukan ke dalam wadah berisis air. Dan sebleum menggunakan telur untuk diolah, pastikan telur tidak retak.
  4. bersihkan telur dari kotoran dan amplas permukaan telur agar pori-porinya terbuka
  5. gunakan air dingin untuk merendam telur
  6. Tentukan cara pembuatan telur asin yang di inginkan Seperti abu gosok, garam dan tanah liat.

Baca juga : Resep Cara Membuat Tekwan Khas Palembang

 Cara Membuat Terlur Asin :

  1. Dengan perendaman larutan garam

Siapkan air dan garam. Dan aduk sampai garam larut. Selanjutnya rendam telur pada air galam selamam kurang lebih 10 hari. atau jika anda ingin rasa asin yang lebih lama, rendam lebih lama lagi.

  1. Dengan adonan garam

Siapkan campuran air dan tambahakan garam secukupnya. Aduk sampai garam larut yang kekentalannya seperti pasta. Susun telur dan simpan dengan adonan garam sampai semua tertutup  dan biarkan hingga beberapa hari

  1. Dengan tanah liat

Campur tanah liat dan garam. Aduk rata dengana perbandingan 2:3. Tambahkan air hingga menjadi adonan pasta. Balurkan pada telur dengan ketebalan adonan 1cm. Simpan ditempat yang terbuka sampai waktu yang diinginkan. Untuk hasil yang diinginkan simpan selama 7-15 hari.

Sekianlah artikel kami tentang cara membuat telur asin yang enak dan mudah ini, semoga bermanfaat terimakasih.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.