Resep Opor Ayam Spesial Lebaran

Category : Resep Masakan
Resep Opor Ayam Spesial Lebaran
Berikan Rating Untuk Artikel Ini

Siapa yang tidak mengenal jenis makanan ini ? opor ayam merupakan salah satu jenis masakan berbahan santan yang biasa disantap menggunakan lontong / ketupat sewaktu lebaran, makanan ini pun menjadi salah satu makanan khas indonesia favorit masyarakat diwaktu hari raya tiba.

Ini berlaku di seluruh wilayah di indonesia, ketika menyambut lebaran / hari raya maka masyarakat berlomba lomba memasak resep opor ayam ini, terutama mereka yang menganut agama islam. Dengan adanya opor ayam dianggap dapat mempersatukan keluarga yang biasa berjauhan menjadi berdekatan di hari lebaran serta menambah kesan keceriaan di hari tersebut.

Sudah menjadi tradisi dari zaman dahulu hingga sekarang, kurang agam rasanya bila sewaktu hari raya tidak disajikannya makanan khas satu ini diatas meja, Untuk itu caraku.net ingin memberikan resep dan cara membuat opor ayam spesial lebaran lezat yang cocok untuk anda masak nantinya, walaupun lebaran cuma setahun 2x tidak ada salahnya jika kami membagikan resep masakan opor ayam ini karena masakan ini tidak mesti di sajikan diwaktu lebaran saja. Berikut adalah resep dan cara membuat opor ayam ini.

Resep Opor Ayam Spesial Lebaran

Bahan membuat opor ayam :

  • 1 ekor ayam
  • 250ml santan kental
  • mentega secukupnya
  • 750ml santan encer

Bumbu opor ayam :

  • 2 lembar daun salam
  • jahe, lengkuas ukuran 1,5 ruas jempol tangan saja lalu potong menjadi 2 bagian dan ditumbuk hingga memar
  • lada bubuk putih, garam dan gula pasir (secukupnya saja)
  • 3 batang serai (gunakan putihnya saja)
  • haluskanlah semua bumbu ini : 12 siung bawang merah, 4 buah kemiri, 3 siung bawang putih, 2 sendok teh ketumbar yang sudah di sangrai, jahe, kunyit  & teh jintan (porsi bumbu nya secukupnya saja)

Cara Membuat Opor Ayam :

  1. Pertama tama tumis dulu mentega / margarin
  2. Selanjutnya tumis bumbu yang telah di haluskan sebelumnya
  3. Masukkan lengkuas, jahe, daun salam, daun serai dan aduk hingga merata dan menimbulkan harum
  4. Masukkanlah daging ayam yang telah di potong potong hingga warna pada ayam tersebut berubah
  5. Selanjutnya masukkan santan encer dan diamkan hingga mendidih
  6. lalu masukkan santan kental, gula pasir, garam, lada putih bubuk dan aduk kembali hingga mendidih / matang
  7. Masukkan opor ayam tersebut ke mangkuk / wadah dan opor ayam pun siap untuk dihidangkan.

Itulah tadi resep dan cara membuat opor ayam spesial enak dan super lezat dari kami, untuk selebihnya bisa anda kreasikan sendiri sesuai selera anda. Dan untuk porsinya bisa di tambah sesuai keinginan, sebenarnya untuk pembuatannya sendiri tidak terlalu sulit hanya saja dibutuhkan ketelatenan saat mengatur porsi bumbu nya saja. Sekian artikel kami tentang resep opor ayam ini semoga bermanfaat.