Sejarah Berdirinya CMS WordPress

Category : Internet

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Sejarah Berdirinya CMS WordPress
4 (80%) 15 votes

Sebelum anda mengetahui tentang sejarah WordPress. Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu WordPress. WordPress merupakan sebuah platform blog yang diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Kedua sotware ini merupakan sotware gratis (open source software) yang dapat digunakan dengan bebas. Selain itu WordPress juga menyerupai CMS (content Management System) yang bisa diunduh serta dimodifikasi dengan bebas.

Sejarah WordPress yang Berhasil Dikutip dari Wikipedia

Sebenarnya WordPress merupakan penerus resmi dari b2 atau cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi, sedangkan untuk nama WordPress itu sendiri diusulkan oleh Christine Selleck, yaitu salah satu rekan atau teman dari ketua pengembang (developer) Matt Mullenweg.
Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenwerg yang merupakan salah satu pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya yaitu Michel Valdrighi. Dengan pemberhentian ini membuat Matt Mullenwerg sayang untuk melepaskannya dan melanjutkan kembali pengembangan b2 tersebut.

Dan akhirnya WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 ini berkat hasil kerja keras Matt Mullenwerg dan rekannya Mike Little. Dan semakin hari WordPress semakin berkembang dan banyak diminati, ini karena adanya fitur-fitur yang bersifat menarik serta adanya dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog.

WordPress menyediakan dua alamat link yang berbeda yaitu WordPress.org dan WordPress.com. setiap alamat ini memiliki ciri khas dari fitur-fitur yang berbeda satu sama lain.

WordPress.com merupakan situs layanan yang gratis dan didirikan oleh perusahaan Automatic. Pengguna yang mendaftarkan akun WordPress di situs ini tidak perlu melakukan instalasi tetapi para pengguna tidak dapat mengganti template serta menambah aksesoris. Sedangkan untuk para pengguna yang akan mendaftarkan akun pada situs WordPress.org dapat mengunduh aplikasi serta semua berkas CMS WordPress. Tapi, penggunanya harus menguasai bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, PHP dan Javascripts. Untuk lebih spesifik, di bawah ini penjelasan singkat mengenai keunggulan menggunakan WordPress.

  1. Ketika daftar atau mengunduh tidak akan terkena biaya sedikitpun alias gratis, walaupun nantinya blog tersebut akan digunakan untuk sarana komersial.
  2. Pengguna dapat melihat serta dapat mengubah kode-kode program dan dapat juga dikembangkan dengan bebas.
  3. Template sangat mudah dimodifikasi dan juga banyak yang menyediakannya secara gratis.
  4. Sangat mudah untuk digunakan.
  5.  Satu blog WordPress dapat digunakan oleh beberapa orang pengguna (multi user)
  6. Apabila pengguna telah memiliki blog yang tidak berbayar lainnya seperti Blogger dan Livejournal ataupun lainnya seperti TypePad, penggunanya dapat memindahkan isi blog ke alamat hosting blog pribadi yang menggunakan perangkat lunak pada WordPress.
  7. Banyak tersedia plugin yang gratis dan selalu berkembang.
  8. Dapat memunculkan scripts XHTML, XML dan CSS standar pada blog WordPress.
  9. Adanya kemampuan yang baik dalam mengoptimalisasi pada mesin pencarian atau Search Engine Optimizer).
  10. Leluasa dalam pemakaiannya yaitu dapat menyewa server hosting atau di localhost.

Demikianlah informasi singkat mengenai sejarah WordPress yang berhasil dikutip dari Wikipedia. Semoga sedikit mampu memberi wawasan mengenai blog WordPress.

Baca juga : Sejarah berdirinya blogspot / blogger milik google inc

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.