Semakin Banyak Jumlah Perokok Dibawah Umur, Menkes Salahkan Orang Tua

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Semakin Banyak Jumlah Perokok Dibawah Umur, Menkes Salahkan Orang Tua
5 (100%) 5 votes

Nila F Moeloek selaku Menteri Kesehatan mengaku prihatin dengan data jumlah perokok dibawah umur yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Ia menyalahkan orang tua yang punya kebiasaan merokok atas fenomena tersebut.

Nila menuntut kepada para orang tua untuk tida egois dan harus lebih mementingkan kesehatan anak. “Orang tua kalo punya anak ya harus bertanggung jawab. Jangan karna kebiasaan merokok maka anak ikutan tersiksa dan menjadi perokok berikutnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, menurut data riset kesehatan (Riskes ) pada tahun 2013, perokok berumur 15 tahun keatas cenderung meningkat dari 34,2% pada 2007 menjadi 36,3% pada 2013 di seluruh Indonesia. Global Youth Tobacco Survey (GYTS) juga ikutan merilis terkait data perokok dibawah umur ini. Pada 2014 lalu, hasil surveynya memperlihatkan rata-rata perokok anak usia 13-15 tahun berjumlah 20,3%.

Semakin Banyak Jumlah Perokok Dibawah Umur, Menkes Salahkan Orang Tua

Ini sangatlah ironis, pasalnya bila ditinjau lebih dalam lagi, banyak peringatan-peringatan terkait bahaya merokok di media. Pengentahun tentang bahaya tersebut pun selalu di beritakan dimana-mana. Akan tetapi, hal itu tidak membuat perokok usia dini berhenti.

Buktinya saja, dari data GYTS, anak-anak yang disurvey, ada sebesar 70,1% pernah melihat pesan anti merokok itu dan hanya berfikir seolah akan menghentikan kebiasaan mereka. Ditambah dalam peluncurannya yang bertepatan dengan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS) 2016 itu, Menteri juga melihat dampak ekonomi dan sosial ditanah air terus merosot akibat rokok.

Ada banyak sekali anak yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena masalah biaya. Sedangkan orang tua mereka yang merupakan kalangan bahwah, masih dapat menyisihkan uangnya untuk membeli rokok.

Hal itulah yang harusnya menjadi perhatian serta menyadarkan orang tua, khususnya dari segi prioritas keluarga dan mendidik anak dengan baik.

loading...

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.