Terus Berinovasi, Facebook Siap Luncurkan Teknologi Pengenalan Wajah

Category : Internet, Teknologi

facebook and facial recognition - Terus Berinovasi, Facebook Siap Luncurkan Teknologi Pengenalan WajahPortalremaja.co.id – Facebook dan Artificial Intelligence (AI) makin klop saja, terlihat dari fitur baru yang mereka luncurkan. Kendati pembaruan tersebut berbeda (atau belum) sama dengan rumor belakangan, di mana media sosial terbesar sejagat itu akan menggunakan selfie penggunanya sebagai pengaman, fitur pengenalan wajah anyar ini tak kalah canggih.

Ya, Mark Zuckerberg cs telah berhasil menciptakan sistem yang memungkinkan Anda mencari dan menemukan foto Anda sendiri di Facebook, walaupun foto itu diunggah secara diam-diam oleh orang lain.

“Kami baru saja mengumumkan fitur baru yang menggunakan teknologi pengenalan wajah. Sekarang orang dapat menemukan foto diri mereka meskipun mereka tidak ditandai dalam foto tersebut, yang memungkinkan orang untuk mengelola privasi dengan cara baru,” jelas Rob Sherman, Deputy Chief Privacy Officer Facebook, pada Technologue.id (20/12/2017) secara tertulis.

 

Dengan adanya fitur ini, Anda juga dapat mengetahui apabila ada orang tak bertanggung jawab menggunakan foto Anda sebagai foto profil akunnya. Praktis, praktik penyamaran dan pencurian identitas yang marak di internet diklaim bisa ditekan.

Bagaimana Facebook sampai bisa menciptakan sistem seperti ini? Dari penjabarannya pada redaksi, ternyata mereka mempunyai teknologi untuk menganalisis piksel dalam foto di mana Anda telah ditandai. Dari sini, dihasilkanlah string angka yang mereka sebut sebagai sebuah model standard (template). Nah, begitu ada foto dan video yang diunggah ke Facebook, secara otomatis sistem akan membandingkan konten tersebut dengan template yang sudah ada.

 

Ke depannya, bukan tidak mungkin fitur ini bakal diimplementasikan dalam banyak hal, mulai dari pencarian orang hilang oleh pihak berwajib sampai identifikasi rekam jejak para imigran di dunia maya. Menurut Anda, apakah pembaruan seperti ini adalah fitur yang dibutuhkan banyak warga Facebook?