Timbul Jerawat Saat Hamil ? Ketahui Penyebabnya Disini

Category : Kesehatan

Saat masa kehamil tubuh anda mengalami ketidak seimbangan dalam memproduksi hormon. Ketika sedang hamil, jerawat merupakan hasil dari meningkatnya produksi kelenjar minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah. Jerawat pada masa kehamilan diakibatkan oleh hormon androgen dan perubahan hidrasi (kandungan cairan dalam tubuh).

Meningkatnya hormon androgen pada masa kehamilan karena disebabkan oleh kelenjar sebasea yang terlalu banyak, sehingga produksi kelenjar minyak (sebum) menjadi meningkat. Sebum yang meningkat serta bercampur dengan sel-sel kulit mati, debu dan kotoran sehingga menyumbat pada pori-pori kulit wajah, inilah yang menyebabkan bakteri berkembang biak dengan baik dan cepat. Proses ini yang menyebabkan peradangan pada kulit sehingga terjadilah jerawat. Awal mula terjadinya jerawat diakibatkan oleh komedo yang meradang berbentuk kecil, tetapi lama kelamaan komedo tersebut akan matang dan membengkak sehingga menimbulkan jerawat.

Timbul Jerawat Saat Hamil

Selama masa kehamilan hidrasi (kandungan cairan dalam tubuh) akan berkurang. Yang dapat mengakibatkan bentuk sebum makin kental, sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan dari pori-pori kulit wajah. Akibatnya terjadi penyumbatan dan Penyumbatan sebum tersebut yang mengakibatkan jerawat mudah muncul. Jerawat yang dialami oleh ibu hamil berfariasi, ada yang ringan, sedang, maupun berat.

Namun tidak semua ibu hamil mengalami hal serupa. Agar terhindarnya dari jerawat selama masa kehamilan, anda harus menjaga pola makan dan hidup sehat. Perbanyaklah makan-makanan yang mengandung vitamin B6. Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin B6, tetapi anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B6. Makanan itu sangat mudah anda jumpai contohnya, perbanyaklah mengonsumsi biji-bijian ( beras, jagung, dan kacang), mengonsumsi daging, ikan serta unggas (ayam, itik dan bebek) dalam catatan jangan konsumsi secara berlebihan, kuning telur serta buah pisang. Semua makanan itu sangat banyak mengandung vitamin B6.

Cara Mengatasi Jerawat Saat Masa Kehamilan

  1. Rajinlah cuci wajah anda minimal tiga kali dalam sehari, agar kulit wajah anda tetap bersih dan terhindar dari minyak.
  2. Jangan terlalu sering memegang wajah anda dengan menggunakan tangan, karena tangan adalah sumber kuman
  3. Perbanyaklah konsumsi air putih saat masa kehamilan, untuk menghindari hidrasi
  4. Saat anda ingin mengeringkan wajah anda tepuk-tepuk lembut, jangan mengeringkan wajah dengan cara digosok
  5. Ibu hamil disarankan untuk berolaraga, agar sirkulasi darah dalam tubuh dapat teratur sehingga membantu kesehatan dalam tubuh
  6. Hindarilah untuk memencet isi jerawat dengan menggunakan kuku, karena akan mengakibatkan flek hitam.

Disetiap penyebab pasti akan ada cara mengatasinya. Begitulah yang sudah dijelaskan dalam artikel di atas mengenai penyebab jerawat saat hamil dan cara mengatasi jerawat saat hamil. Semoga artikel ini memberika pengetahuan serta manfaat bagi yang membacanya. Terima kasih J