Tips Cara Membuat Baso Sapi Dan Pentol nya

Category : Resep Masakan
Tips Cara Membuat Baso Sapi Dan Pentol nya
3.83 (76.67%) 6 votes

Siapa yang tak mengenal makanan satu ini. Baso adalah salah satu jenis makanan dengan fans terbanyak, baik itu dari kalangan mudah maupun tua, hampir di seluruh indonesia sampai ke desa-desa dapat kita jumpai gerobak baso. Nikmatnya pentol baso yang empuk dan cita rasa khasnya ini membuatnya disukai oleh fansnya. Pentol baso biasanya berbahan dasar daging sapi namun ada juga yang membuatnya dari daging ikan. Apakah anda tertarik untuk membuat baso. Berikut cara membuata baso sapi yang enak dan lezat.

Tips Dan Cara Membuat Baso Sapi

Bahan pentol baso:

  1. ½ kg daging sapi (sudah digiling halus)
  2. 100gr tepung kanji
  3. 50gr es batu
  4. ¼ kg bawang putih (haluskan)
  5. 1 butri telur ayam
  6. 1 sdt lada putih bubuk

Bahan kuah baso:

  1. 3 liter air
  2. ¼ kg bawang putih (haluskan)
  3. 1 buah tulang kaki sapi (kaldu)
  4. 2 sdm garam
  5. 1 sdt pala bubuk
  6. 1 sdm gula pasir
  7. 1 sdt lada putuh bubuk

Bahan tambahan:

  • Bihun yang sudah direbus
  • Saus tomat dan kecap manis
  • Bawang goreng
  • Daun seledri (cincang kasar)
  • Sambal

Cara membuat:

  1. Daging sapi giling halus, es batu, telur, bahan untuk pentol baso dicampur jadi satu lalu haluskan dengan blender atau mixer.
  2. Selama adonan mencampur, tambahkan sedikit demi sedikit tepung kanji lalu aduk rata. Setelah semuanya rata, adonan pentol dituangkan ke dalam baskom.
  3. Bentuk adonan pentol tadi sesuai ukuran yang anda inginkan. Siapakan air rebusan untuk pentol, rebus air sampai mendidih. Pentol baso yang sudah anda bentuk, langsung masukan ke dalam rebusan air mendidih tadi, jika pentol sudah terapung. Bisa diangkat karena pentol terapung itulah pentol baso yang sudah matang.

Baca juga : Resep Dan Cara Membuat Es Krim Goreng

Tadi adalah cara membuat pentol baso nya. Tidak lengkap jika baso tidak disiram dengan kuah yang rasanya nikmat itu.

  1. Membuat kuah baso, anda bisa tambahkan semua bahan kuah baso tadi seperti air, tulang kaki sapi, sebenarnya tulang kaki sapi ini agar air yang kita rebus bersamanya bisa mejadikanya seperti kuah kaldu sapi. Lalu ada bawang putih, garam dan penyedap rasa lainya. Tunggu hingga air kaldu ini masak dan mendidih.

Cara menyajikan:

Tahapan terakhir untuk cara membuat baso ini agar terlihat enak disantap adalah dengan menambahkan bahan bihun yang telah direbus, seledri, saus dan kecap manis. setelah semua bahan tambahan tadi diletakan semua di mangkuk kemudian tambah pentol baso dan siram dengan kuah. Taburi bawang goreng dan beri sedikit sambal.

Nah itulah cara membuat baso sapi yang rasanya enak dan lezat. Anda bisa mencoba membuatnya dirumah dan menyantap baso empuk nan enak ini bersama keluarga anda. Akan lebih enak jika anda bersama keluarga makan baso pada saat cuaca dingin.

loading...