Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

Category : Kesehatan

Inilah 5 Guru Paling Cantik Di Dunia, No. 5 Bikin Kagum Baca Berita Selengkapnya

Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari
5 (100%) 6 votes

Terlihat ramping dan seksi tentu banyak dari para ladys yang memimpikan hal itu. Tapi beberapa dari mereka mungkin masih belum menemukan solusi yang efektif untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan.  

Hilangkan kekhawatiran itu, karena 7 cara berikut bisa menjadi langkah awal yang efektif bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Bahkan ini juga dapat memotivasi Anda untuk perubahan jangka panjang yang berkelanjutan.

Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Dalam 7 Hari

Dilansir dari www.authoritynutrition.com (27/09/2016) berikut 7 langkah menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam satu minggu :

1. Kurangi karbohidrat dan perbanyak asupan protein

Telah banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat menjadi langkah yang efektif untuk menurunkan berat badan sekaligus mempromosikan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulailah mengurangi konsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dan mengandung gula berlebih. Dan beralihlah ke makanan yang rendah karbohidrat dan sarat akan kandungan protein seperti telur, daging, atau ikan tanpa lemak.

2. Konsumsi makanan utuh (whole food) dan hindari makanan olahan

Yang dimaksud makanan utuh (whole food) di sini adalah makanan yang berasal dari bahan pangan alami dimana semua bagian dari makanan tersebut bisa dimakan dan tidak mengalami pengurangan atau pembuangan dari bagian yang dapat dimakan tersebut seperti kacang merah, kacang hijau, gandum, kacang tanah, dan jenis kacang-kacangan lainnya.

3. Mengurangi asupan kalori

Ini merupakan faktor terpenting dalam program penurunan berat badan. Jika tubuh memiliki asupan kalori lebih besar daripada yang dikeluarkan, maka lemak dalam tubuh tidak akan berkurang. Ikuti beberapa tips sederhana berikut untuk mengurangi jumlah asupan kalori :

  • Kurangi kebiasaan makan makanan ringan terutama setelah makan malam
  • Hilangkan penggunaan produk makanan seperti bumbu yang padat kalori dan saus
  • Perbanyak kansumsi sayuran
  • Pilih makanan yang tinggi protein dan rendah lemak seperti ikan dan daging ayam
  • Hindari minuman berkalori tinggi. Ganti dengan air putih atau minuman berkalori rendah seperti kopi atau teh.
  • Menimbang makanan yang kita konsumsi akan lebih baik untuk mengetahui jumlah kalori yang akan kita makan.

4. Memilih olahraga yang tepat

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk membakar lemak dan memperbaiki penampilan. Sama seperti gerakan aerobik umumnya, pelatihan ketahanan seperti mengangkat beban bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan beberapa manfaat lainnya seperti dapat meningkatkan serta mempertahankan massa dan kekuatan otot, serta melindungi metabolisme dan kadar hormon.

Bentuk pelatihan lain yang bisa Anda pilih adalah dengan latihan interval intensitas tinggi atau High-Intensity Interval Training (HIIT). Penelitian menunjukkan bahwa melakukan latihan ini selama 5-10 menit bisa memberikan manfaat kesehatan dan penurunan berat badan lima kali lipat dari latihan reguler lainnya.

5. Lebih aktif bergerak

Meningkatkan aktivitas sehari-hari juga memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pembakaran kalori tubuh yang pada akhirnya akan membantu menurunkan berat badan. Perubahan gaya hidup sederhana seperti membersihkan rumah, bersepeda atau berjalan kaki menuju tempat kerja, naik tangga, atau berjalan-jalan di luar bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

6. Mengurani retensi air dalam tubuh

Selain mengurangi jumlah lemak, mengurangi retensi air dalam tubuh adalah salah satu cara untuk dapat menurunkan berat badan. Hindari makanan dan minuman yang banyak mengandung gluten dan laktosa, karena itu bisa meningkatkan retensi air serta peningkatan gas dalam tubuh. Konsumsi minuman berkafein seperti kopi bisa membantu membakar lebih banyak lemak dan mengurangi retensi air.

7. Puasa

Puasa adalah cara sederhana tapi terbukti efektif menurunkan kadar lemak dalam tubuh karena dengan berpuasa maka Anda harus membatasi makan sehingga asupan kalori dalam tubuh juga akan berkurang.

Author: 

Saya pemilik dan pembuat web portalremaja.co.id berasal dari palembang newbie yang baru saja terjun ke dunia internet marketing sejak 2011 hingga sekarang, berbagi adalah salah satu keharusan dalam hidup saya.