WOW !! IPB Kembangkan Jamu AntiVirus Flu Burung

Category : Kesehatan

Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan jamu herbal yang terbuat dari meniran dan temulawak sebagai jamu antivirus flu burung pada unggas. Bambang pontjo priosoeryanto selaku guru besar tetap di fakultas kedokteran hewan mengatakan, kalau penelitian ini dilakukan bersama timnya dan bekerjasama dengan pihak swasta sejak tahun 2007 lalu.

Menurut Bambang, setidaknya ada 4 bahan herbal yang dapat dijadikan formula jamu herbal anti virus flu burung yaitu temulawak, meniran, temu ireng dan sambiloto. Berdasarkan pengujian yang dilakukan di laboratorium dan lapangan, jamu ini mampu membuat unggas tahan sampai 40% dari virus flu burung.

IPB Kembangkan Jamu AntiVirus Flu Burung

Image by : Okezone.com

“Tujuan kita kedepannya agar jamu herbal ini dapat dikomersialisasikan, untuk itulah kita bekerjasama dengan pihak swasta. Kini komersialisasi masih dalam proses,” ujar Bambang.

Bambang juga menambahkan penelitian ini dimulai dari Mencari tanaman yang cocok serta mengandung khasiat kekebalan tubuh. Sebelumnya, ada 100 tanaman yang di skrining sampai didapatkanlah 4 tanaman yang memiliki potensial untuk dapat dijadikan jamu anti virus flu burung.

Dan hasilnya, ada sekitar 40% ayam yang diberikan jamu tersebut tanpa vaksin flu burung mampu bertahan hidup hingga dua pekan diinfeksi dengan virus flu burung.

Menurut Bambang, jamu tersebut belum bisa 100% membuat ayam mampu bertahan terhadap virus flu burung. Walaupun begitu, pemberian vaksin antivirus pun tetap dianjurkan. Pengembangan jamu herbal ini pun, terang Bambang, akan terus dilakukan sampai ditemukannya formula yang tepat agar mampu mengobati flu burung pada unggas.