7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dengan Ranting Kayu “Siwak”, Hasilnya Memuaskan Lho!

Category : Kesehatan

Portalremaja.co.id – Siwak, atau dikenal juga sebagai miswak, adalah ranting kayu yang digunakan untuk menyikat gigi secara tradisional. Benda ini dikenal luas di negara Timur Tengah, Afrika, dan Indonesia. Siwak juga termasuk salah satu sunah dalam agama Islam.
Siwak memiliki khasiat yang berbeda dengan sikat gigi. Misalnya seperti dapat memutihkan dan mengangkat sisa kotoran makanan lebih baik. Ingin tahu cara memakai siwak yang benar? Bacaterus telah merangkum caranya buat Anda di sini.

7 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Menggunakan Siwak

1. Kuliti

Langkah pertama dalam cara memakai siwak yang benar adalah dengan menguliti ujung kayu siwak. Jika Anda menggunakan siwak baru, pasti bagian ujungnya belum ada yang dipotong. Nah, tugas Anda adalah menguliti setidaknya 1 – 2 cm ujung kayu menggunakan pisau.

2. Kunyah

Kunyah cara memakai siwak yang benar
Setelah dikuliti, cara memakai siwak yang benar selanjutnya adalah dengan menggigitnya. Gigitlah ujung ranting kayu yang telah dikuliti tadi. Maksud dari gerakan ini adalah untuk membuat serat kayu ranting jadi terpisah-pisah seperti bulu sikat gigi.

Psst, ketika Anda mengunyah mungkin akan terasa sensasi pedas di mulut Anda (itu hal yang wajar, tidak berbahaya). Jika Anda tak suka dengan rasa pedas itu, Anda bisa memotong-motong serat kayu menggunakan pisau, walaupun pada akhirnya Anda tetap harus mengigitnya untuk mendapatkan serat kayu yang lebih lembut.

3. Rendam

cara memakai siwak yang benar
Sebelum digunakan, rendamlah ujung siwak yang telah siap pakai di dalam air. Proses ini dilakukan untuk membuat siwak jadi lebih lunak. Anda bisa menggunakan air lemon atau air mawar juga supaya siwak jadi ada aromanya.

4. Pegang

Pegang cara memakai siwak yang benar
Cara memegang siwak adalah dengan menangkup siwak dengan satu tangan. Jempol hadapkan di bawah sebagai penyangga. Lalu, keempat jari lainnya disimpan di atas. Jadi, posisi jari Anda ada di atas dan bawah siwak, bukan di samping kanan kirinya, ya. Posisi ini lebih memudahkan Anda ketika menyikat gigi pakai siwak nantinya.

5. Sikat

Sekarang waktunya Anda menyikat gigi pakai siwak. Caranya, tekan ujung kayu yang sudah direndam tadi ke gigi Anda dengan gerakan naik turun dan berputar. Terus gerakan siwak ke seluruh permukaan depan gigi yang bisa dijangkau oleh siwak.

Ingat, menggosok giginya jangan terlalu keras dan jangan terlalu dekat gusi karena bisa terluka. Jika bagian depan sudah digosok semua pakai siwak, gosok juga bagian dalam gigi Anda.

6. Potong

Kayu siwak adalah benda dari alam. Tidak seperti sikat gigi yang bisa digunakan hingga berbulan-bulan, siwak punya masa hidup lebih singkat. Anda harus rajin memotong bulu-bulu siwak yang sudah jelek dan memotong bagian ranting baru.

7. Simpan

Cara menyimpan siwak setelah dipakai ada beberapa macam. Anda bisa menyimpannya di dalam tempat khusus seperti pada gambar di atas. Jangan lupa untuk membersihkan siwak sebelum disimpan.

Tapi, tempat yang tertutup sebenarnya agak kurang bagus karena lembab dan dapat memicu jamur. Jadi, simpan saja siwak di tempat terbuka dan kering. Kecuali jika Anda akan traveling, baru simpan di tempat tertutup seperti pada gambar.

Ya, itulah 7 cara memutihkan gigi secara alami dengan menggunakan siwak. Apakah Anda sudah paham bagaimana cara menggunakannya? Anda bisa membuat siwak sendiri dari cabang pohon, tapi untuk lebih amannya lebih baik beli yang sudah jadi saja, karena Anda mungkin tidak tahu pohon mana yang aman dijadikan siwak.

Oh iya, walaupun siwak merupakan alat untuk membersihkan gigi, Anda tetap harus menggosok gigi pakai sikat gigi biasa. Pasalnya, siwak tidak memiliki bentuk yang fleksibel seperti sikat gigi. Anda tidak bisa menjangkau seluruh lekuk gigi menggunakan siwak. Makanya, jadikan siwak sebagai “tambahan,” bukannya pengganti sikat gigi, ya.

loading...