Apa Itu Belanja Duty Free di Bandara, Ketahui Lebih Lanjut di Sini

Category : Gaya Hidup

Pasti pernah mendengar toko duty free ketika berada di bandara bukan? Meski banyak yang tahu bentuk fisik tokonya secara langsung, namun masih banyak yang belum memahami apa sebenarnya toko duty free.

Biasanya, wisatawan belanja di toko ini untuk membeli oleh-oleh atau barang dengan harga lebih murah. Banyak yang mengira bahwa semua harga di toko duty free ini lebih terjangkau sehingga kemudian kalap belanja.  Namun sebenarnya tidak demikian adanya. Tidak semua harga barang di toko duty free lebih murah.

Sebelum banyak salah paham pada toko ini semakin menyebar. Pelajari bareng-bareng yuk tentang tipe toko ini.

Apa Itu Belanja Duty Free di Bandara, Ketahui Lebih Lanjut di Sini

sumber: dutyfreehunter.com

Apa Itu Duty Free?

Duty Free artinya adalah bebas pajak. Tentu kamu tahu bahwa harga barang-barang di seluruh dunia pasti ada pajaknya. Nah, ketika kamu membeli barang di toko duty free bandara internasional, harganya sudah bebas dari pajak Negara tersebut.

Hal ini adalah kebijakan dari berbagai Negara, yaitu tidak membebankan pajak pada barang-barang yang dibeli wisatawan asing di toko duty free. Masing-masing Negara pun memiliki syarat dan ketentuan berlaku yang berbeda untuk pembelian barang di toko duty free.

Tidak Semua Barang Harganya Lebih Murah

Satu hal penting yang wajib kamu tahu adalah tidak semua barang di toko duty free harganya lebih murah dari toko biasa. Banyak barang yang harganya jauh lebih mahal dari toko di luar bandara meski barang tersebut terkena pajak.

Hati-Hati Barang Palsu

Hal lain yang harus kamu tahu tentang barang di toko duty free adalah tidak semuanya asli. Biasanya wisatawan kalap membeli barang bermerk di toko duty free tanpa memperhatikan keasliannya lantaran percaya bahwa semua barang yang dijual di toko ini asli dan dipasok langsung dari produsen atau distributor resmi.

Tidak seperti tiket murah pesawat yang diskonnya asli, tak semua barang di toko duty free adalah asli. Dan tidak semua pelayan di toko duty free mengenal produk mereka dengan sangat baik. Jadi kamu harus berhati-hati dengan barang palsu daripada tertipu.

Tips dan Trik Belanja di Duty Free

Meski tidak selalu murah dan asli, namun bukan berarti kamu nggak boleh belanja di toko duty free. Mereka yang curang dengan menaikkan harga barang dan menjual yang palsu tentu tidak layak untuk dibeli. Namun masih ada banyak toko duty free lain yang layak untuk dikunjungi dan gunakan tips berikut ini biar nggak kena tipu.

  • Sebelum membeli barang, cari tahu harga aslinya. Kamu bisa cek lewat website dari brand yang kamu beli untuk memastikan harga barang aslinya berapa.
  • Selalu teliti memeriksa label untuk melihat apakah barang itu original atau tidak.
  • Buat list barang yang akan dibeli. Karena biasanya toko duty free membuat kalap pembeli, bisa jadi kamu juga akan melakukan hal yang sama dan membuat budget liburan membengkak tidak terkendali.
  • Beli barang dengan batas maksimal pembelian dari luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Yaitu USD 250 untuk perorangan dan USD 1000 untuk keluarga. Lebih dari ini, kamu akan dikenakan pajak impor. Sayang kan, sudah beli barang bebas pajak di tempat asal, malah kena pajak di Negara sendiri.

Nah, dengan pengetahuan baru ini, semoga memberikan pencerahan tentang apa itu belanja duty free. Jangan sampai upaya penghematan yang sudah kamu lakukan dengan berburu tiket murah pesawat, berantakan karena kepincut dengan barang lucu yang dijual di toko duty free bandara.

Bijak membeli tiket murah pesawat, sebaiknya diikuti juga dengan bijak membelanjakan uang anda selama liburan. Tapi, perlu dicatat, berlibur itu memang tidak harus mewah yang pastinya membebani neraca keuangan kamu, serta tidak pula murah yang membuat kamu malah tidak bisa menikmatinya. Selamat liburan!

loading...