Buat Website Lebih Mudah dengan Hosting Indonesia!

Category : Blogging

Membuat website sendiri tidak sesulit yang dibayangkan!

Pada artikel ini saya akan mencoba sedikit memberikan gambaran untuk Anda bagaimana caranya membuat website tanpa pengetahuan pemrograman komputer.

Membuat website secara mudah bisa Anda mulai dengan menggunakan WordPress, CMS populer yang sudah tersedia di instaler Softaculous cPanel hosting Anda.

Sebelum memulai membuat website menggunakan WordPress hal pertama yang harus Anda miliki adalah domain dan web hosting.

Domain berfungsi sebagai nama website, identitas, serta alamat Anda di dunia online. Sedangkan web hosting berguna sebagai rumah untuk website Anda. Web hosting dapat menampung semua data dan file website.

Banyak tersedia layanan web hosting yang bisa Anda gunakan, namun kali ini saya merekomendasikan salah satu web hosting yang ada di Indonesia, yaitu niagahoster.co.id. Layanan Niagahoster memberikan kemudahan bagi pemula dengan harga murah dan garansi 30 hari uang kembali.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan layanan web hosting dari Niagahoster anda bisa langsung mengunjungi halaman website Niagahoster.

Setelah layanan aktif, Anda akan mendapatkan akses ke cPanel hosting yang pasti dikirimkan ke email Anda. Setelah berhasil masuk ke cPanel, ikut langkah berikut untuk melakukan instalasi WordPress pada web hosting yang sudah Anda beli:

Langkah 1 – Proses instalasi WordPress pada web hosting

  • Akses cpanel hosting Indonesia yang sudah Anda dapatkan melalui http://namadomainanda.com/cpanel dan segeralah login.

Note! Pastikan domain Anda sudah terhubung ke hosting dengan memastikan nameserver domain sudah sama dengan nameserver web hosting yang sudah Anda pesan. Jika suda sama pastikan seluruh proses propagasi domain sudah selesai dan domain Anda sudah dapat diakses menggunakan browser.

  • Setelah Anda masuk ke cPanel web hosting, cari logo WordPress sesuai gambar di bawah ini dan klik “Install Now”.

source: https://www.niagahoster.co.id/blog/

source: https://www.niagahoster.co.id/blog/

Tunggu beberapa saat, dan setelah proses instalasi selesai, Anda akan mendapatkan keterangan seperti di bawah ini. Jika tidak ada masalah, berarti WordPress sudah berhasil diinstall pada web hosting Anda.

source: https://www.niagahoster.co.id/blog/

Langkah 2 – Penyesuaian tampilan website melalui panel admin WordPress

 WordPress sudah terinstall pada web hosting Anda. Sekarang, saatnya memulai untuk menyesuaikan website supaya sesuai dengan keinginan.

  • Login ke website WordPress
  • Anda bisa menyesuaikan tampilan melalui menu tampilan di panel kanan dibagian Admin. Klik pada panel tersebut dan pilih template yang Anda inginkan.
  • Jika Anda ingin mengatur tampilan website secara live bisa dilakukan melalui menu penyesuaian (customize)

Appreance > Customize > Lakukan pengaturan tema sesuai kebutuhan Anda

  • Setelah selesai mengatur tampilan, Anda bisa membuat postingan pertama Anda.

Tips! Anda bisa melakukan upload tema Anda sendiri melalui tombol “Add New” pada panel Appearance. Hanya saja pastikan tema yang Anda upload secara manual tidak mengandung virus atau backdoor yang bisa saja merusak website Anda.

source: https://www.niagahoster.co.id/blog/

Anda juga bisa mendapatkan ebook panduan lengkap cara membuat website WordPress dengan mudah dan lengkap dari Niagahoster. Panduan yang disediakan mulai dari instalasi WordPress hingga menerbitkan postingan pertama. Ebook terdiri bagian pertama dan kedua, semuanya bisa Anda dapatkan secara gratis di gudang ebook Niagahoster.

Kesimpulan

  • Apabila Anda mencoba memulai, sebaiknya jangan langsung membeli paket web hosting yang mahal apalagi menyewa server sendiri. Mulailah dengan paket shared hosting indonesia murah yang sesuai dengan budget Anda. Kedepannya jika Anda memerlukan resource lebih, Anda cukup menghubungi penyedia layana web hosting dan upgrade layanan untuk menggunakan resource yang lebih besar.
  • Tentukan dahulu tema website yang akan Anda buat. Sesuaikan dengan tema dan lakukan riset kata kunci sebelum membuat konten website Anda.
  • Pilih web hosting indonesia terpercaya yang siap sedia 24 jam membantu menyelesaikan permasalahan Anda.
  • Jangan ragu untuk memulai, yakinkan bahwa Anda mampu membuat website sendiri menggunakan WordPress.

Demikian artikel untuk membuat website sendiri secara singkat. Anda bisa langsung mencobanya atau menjelajah Google dahulu untuk menentukan website yang akan dibuat. Selain itu Anda juga bisa melihat-lihat template WordPress yang sesuai dengan tema website Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

loading...