Cara Aman Belanja Online Melalui OLX / Berniaga

Category : Fashion

Cara Aman Belanja Online Melalui OLX / Berniaga – Di beberapa tahun terakhir ini ada banyak sekali website yang menyediakan fasilitas jual beli secara online baik yang gratisan maupun berbayar. Dua raksasa situs jual beli terbesar di indonesia yaitu OLX dan Berniaga pun menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menjual barang bekas namun layak pakai secara online. Memang dengan memasang produk kita disana maka apa yang kita jual akan cepat sekali laku, situs tersebut sudah ibaratkan pasar, Namun tak kala juga banyak ditemukan aksi penipuan yang seolah olah menjadi member dan memasang iklan di situs tersebut.

Maka dari itu apabila sobat sedang mencari barang maka alternatif utamanya bisa dicoba cari di kedua situs tersebut, tapi harus berhati hati dengan semua barang yang di pajang di situs itu, berikut kami berikan Cara Aman Belanja Online Melalui OLX (sebelumnya tokobagus) / Berniaga.

Cara Aman Belanja Online Di OLX / Berniaga

Tips Cara Aman Belanja Online Melalui OLX / Berniaga

Untuk menghindari anda dari penipuan maka cara aman belanja online di tokobagus olx / berniaga perlu diterapkan, berikut kami berikan 5 tips yang harus dilakukan saat ingin belanja di situs jual beli tersebut :

1. Jangan Terlena Dengan Harga Murah

Siapa sih yang tidak menginginkan harga murah ? menjadi satu kesenangan tersendiri untuk kita bila mendapatkan harga murah saat berbelanja barang. Namun anda harus berhati hati harga murah yang tidak sesuai bisa jadi ada udang dibalik batu lho, jangan jadi gelap mata karena hal tersebut, hal inilah yang menjadi sasaran empuk si penipu agar melancarkan aksinya.

2. Terapkan Sistem COD (bertemu langsung)

Jika anda bertransaksi di situs jual beli semacam ini jangan pernah mengirim uang terlebih dahulu, kecuali bila penjual memiliki website resmi (bukan cuma nebeng di olx / berniaga), testimonial yang banyak dan lain sebagainya. Utamakanlah ketemu langsung selain dapat melihat barangnya anda pun dapat mengenal si penjual.

3. Jangan Transaki Di akhir Pekan / Weekend

Bagi anda jangan sampai melakukan transaksi di akhir pekan / weekend / hari sabtu dan minggu, dimana pada hari tersebut semua bank di indonesia tutup. Mengapa ? karena para penipu sudah tahu kalau uang yang telah anda transfer bisa ditarik kembali apabila korban langsung melapor ke pihak bank yang mengeluarkan rekening si penipu. Contoh bila penipu menggunakan rekening BNI, maka jika anda segera melapor ke BNI sesegera mungkin besar harapan uang anda bisa dikembalikan oleh pihak bank.

4. Gunakan Rekber / Rekening Bersama

Jika dirasa anda kurang yakin, bisa anda minta kepada penjual bahwa anda ingin melakukan transaksi menggunakan rekber. Apabila penjual tidak mau, ini adalah pertanyaan besar MENGAPA TIDAK MAU ?

5. Cek Nomor Rekening Penjual Terlebih Dahulu

Jika dirasa memang harus melakukan sistem transfer, langkah yang harus dilakukan adalah coba cek nomor rekening pelaku / alamat website pelaku. Anda dapat mengetikkan nomor rekening / alamat website nya di google maka akan tampil data mereka. Sekarang sudah banyak kok polisi online dan situs verifikasi toko online yang memberikan informasi tersebut.

Perlu di ingat, saat belanja online maka pintar pintar lah anda untuk melakukan transaksi dengan penjual. Memang belanja secara online itu sangat mudah dan menyenangkan namun resiko yang harus ditanggung pun tinggi bila anda tidak mengerti caranya, bila anda menerapkan tips cara aman belanja online di olx / berniaga yang sudah kami bagikan diatas insyaallah anda akan terhindar dari penipuan.

loading...