HP Kena Air? Jangan Langsung Kekonter, 6 Cara Jitu Ini Bisa Selamatkan HP Kamu Lho!

Category : Gadget

Portalremaja.co.id – Memang cukup sulit menyelamatkan ponsel yang sudah masuk kedalam air. Beberapa komponen ponsel akan langsung tidak berfungsi ketika kontak dengan air. Kecuali ponsel tersebut adalah ponsel canggih dengan sertifikat water resistant. Meskipun terendam air, ponsel tersebut tidak akan mati dan masih bisa digunakan secara normal. Namun ketika HP mati perlu diketahui cara mengatasi HP kena air sebelum memutuskan untuk menservis lebih lanjut.

Berikut Tips Cara Mengatasi HP Kena Air

Cara mengatasinya apabila HP Anda sudah terkena air adalah sebagai berikut :

1. Segera hindarkan kontak dengan air lebih lanjut

Pertolongan pertama pada HP yang sudah terkena air adalah dengan cara menjauhkan dari air, hal ini berfungsi agar kelembaban tidak kembali terserap oleh permukaan HP. Semakin lama HP Anda masih kontak dengan air maka makin parah pula kencenderungan HP tersebut akan rusak. Apalagi jika HP Anda bukan terkena air tawar melainkan air asin, akan sangat berpotensi rusaknya HP Anda karena air asin bersifat korosif, yaitu kerusakan logam akibat reaksi redoks antara suatu logam dan bersifat pengkaratan besi.

Akibat dari korosi ini cenderung destructive dan merusak komponen dalam HP tersebut. Maka dari itu bagi yang doyan berpergian ke pantai, sebaiknya simpanlah HP Anda jangan sampai terkena air laut yang bersifat korosif. Atau bila Anda ingin menggunakan HP Anda pada saat didekat air asin/laut, keringkan terlebih dahulu tangan Anda supaya air tersebut tidak terserap kedalam HP Anda karena memungkinkan menyebabkan kerusakan walaupun tidak langsung rusak.

2. Lepaskan Baterai, Memory Card, dan SIM card

Ini adalah langkah selanjutnya yang dilakukan. Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel dalam keadaan basah. Lepas baterai secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akibat terjadinya short atau korslet setelah HP terkena air. Jangan menyalakanya dulu sebelum posel benar-benar kering. Jangan lupa lepaskan juga kartu SIM dan memory cardnya (jika ada).

3. Bongkar HP Anda untuk dikeringkan

Langkah selanjutnya setelah melepaskan baterai HP Anda adalah membongkar HP Anda. Cara yang satu ini merupakan cara pertolongan yang lebih lanjut yang harus dilakukan karena apabila kondisi luar HP sudah kering, belum tentu kondisi dalam HP tersebut sudah kering, bisa saja masih lembab dan dapat merusak komponennya. Bongkarlah dengan hati-hati, apabila Anda tidak punya obeng kecil belilah/pinjamlah supaya dapat segera dibongkar dan dikeringkan. Jika semua yang ada dalam casing HP Anda sudah terbuka, lepaskan juga mur dan baut yang ada dalam komponen PCB (Printed Circuit Board) supaya pada saat pengeringan tidak terjadi korosi yang dapat membuat karat.

Selain itu fokuslah pada pengeringan layar LCD HP Anda, karena komponen dalam layar LCD HP Anda merupakan komponen filamen lunak yang sangat rentan terhadap air serta tidak tahan terhadap kelembaban air. Apabila tidak segera dikeringkan dapat merusak layar LCD HP Anda berupa munculnya dead pixel atau dikenal sebagai flek hitam pada layar. Sangat mengganggu sekali. Oya, dalam proses pengeringan baterai dan komponen dalam HP Anda jangan pernah gunakan hairdryer karena dapat memperburuk keadaan HP Anda. Selain dapat membuat HP menjadi rusak, panas yang dihasilkan oleh hairdryer juga dapat membuat komponen-komponen yang ada dalam HP tidak bekerja dengan maksimal.

4. Rakit kembali HP Anda

Setelah semuanya kering dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang kembali komponen-komponen yang telah Anda bongkar dari HP Anda. Rakit dengan hati-hati seperti pada kondisi semula. Pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan benar. Termasuk dalam memasang LCD yang sudah kering, lakukan dengan benar. Biasanya cara mengatasi HP kena air ini bisa diatasi apabila penangananya benar.

5. Nyalakan kembali HP Anda

Setelah semua cara mengatasi HP kena air dilakukan, cobalah untuk menyalakan kembali HP Anda. Bila HP Anda masih hidup, selamat! Anda beruntung! Namun tunggu dulu, HP Anda yang habis terkena air yang menyala belum tentu tidak rusak. Kebanyakan alat elektronik yang sudah terkena air mudah rusak, dan apabila tidak rusak pun bukan berarti semua berjalan dengan normal dan kembali seperti semula namun performa dari alat elektronik tidak bisa maksimal dan kembali seperti semula.

6. Cobalah untuk reset ulang setelan pabrik

Langkah selanjutnya setelah HP Anda telah menyala namun performanya tidak seperti semula yaitu dengan cara mereset semua setelan kembali ke setelan pabrik. Dimana pada umumnya setelan pabrik adalah setelan yang paling baik dan dipastikan semua berjalan seperti Anda baru membuka HP baru. Namun dalam kasus ini, mungkin tidak dapat kembali normal namun setidaknya dapat membantu untuk meningkatkan performa HP Anda yang terkena air.

Itulah bahasan mengenai cara mengatasi HP kena air. Silahkan dicoba cara-cara mengatasi HP kena air diatas dan tidak berlaku untuk HP canggih seri terbaru karena memang dirancang untuk tahan air sekalipun terendam.

loading...