Pada dasarnya, user journey map adalah salah satu cara yang penting untuk setiap pemasar atau marketer dalam memahami dan juga membangun relasi yang baik dengan pelanggan atau konsumennya.
Dikutip dari laman resmi HubSpot, customer journey map bisa membantu siapa saja dalam memahami apa yang diperlukan oleh konsumen, apa yang membuatnya ragu, dan kekhawatiran mereka sebelum membeli produk kita.
Karena peranannya yang sangat penting, maka kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang user journey map, mulai dari pengertian, konsep dasar dan berbagai hal lainnya tentang user journey map di dalam artikel ini.
Pengertian User Journey Mapping Adalah
Bersumber dari laman Sales Force, user journey mapping adalah representasi visual yang di dalamnya mencerminkan seluruh pengalaman konsumen atau customer experience selama perjalanan mereka dalam menggunakan suatu produk barang atau jasa yang Anda sediakan.
Dengan mengetahui user journey map, maka kita bisa mengetahui dengan pasti suatu cerita tentang pengalaman pelanggan ini secara lebih jelas.
Kondisi ini berlaku dari mulai pertama kali mereka mengenal suatu brand atau merek, hingga pada akhirnya menjadi pelanggan setia dalam kurun waktu yang sangat lama.
Dengan memahami hubungan antara bisnis dan konsumen, maka Anda bisa memberikan arahan dalam perencanaan proses yang paling tepat untuk para pelanggan agar tujuan bisnis Anda bisa tercapai.
Konsep Dasar User Journey Map
Dilansir dari Visual Paradigm, konsep dasar yang harus selalu dimengerti dalam membuat user journey map adalah pemetaan perjalanan konsumen Anda melalui beberapa titik kontan dengan suatu produk atau jasa, brand atau merek, atau perusahaan dengan beragam platform hingga akhirnya mereka mau melakukan aksi atau hal lainnya yang diinginkan oleh perusahaan.
Hal ini adalah sasaran atau tujuan yang perusahaan ingin konsumennya lakukan pada akhirnya. Waktu yang dibutuhkan dari tahapan awal user journey sampai akhir bisa berbeda-beda pada tiap perusahaan.
Beberapa orang ada yang memerlukan waktu hanya dalam beberapa jam saja, dan beberapa yang lainnya memerlukan waktu sampai berhari-hari.
Mengapa User Journey Map Penting?
User journey mapping adalah hal yang sangat penting, tidak hanya untuk tim sales atau marketing saja, namun juga untuk berbagai posisi lainnya, yaitu:
1. Desainer
Untuk tim desainer, customer journey map memiliki peran yang penting dalam membantu mereka memahami konteks pelanggan. Hal tersebut akan membuat tim desainer lebih memahami gambaran besar terkait latar belakang pelanggan dan hal apa saja yang mereka cari dari suatu produk yang perusahaan tawarkan kepada pelanggan.
2. Copywriter
Tim copywriter pun bisa menggunakan customer journey map untuk memahami informasi apa saja yang ingin disampaikan oleh pelanggan dan apa saja yang mereka rasakan.
3. Manajer
Pihak manajer pun bisa menggunakan user journey map untuk bisa memvisualisasikan garis besar perjalanan dan juga pengalaman setiap pelanggannya. Sehingga, manajer akan lebih memahami konsumen bergerak melalui sales funnel.
Hal ini menjadi penting untuk pihak manajer, karena dengan memahami konsumen secara lebih baik, maka manajer bisa mengidentifikasi aspek apa saja yang nantinya bisa diperbaiki agar pihak konsumen bisa merasa lebih nyaman saat menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.